Sisila Magazine

MINI FGD FORWAPAR : MENIMBANG KUALITAS DAN KUANTITAS TARGET WISMAN

Sisila.co.id - Mini FGD Forwapar (Forum Wartawan Pariwisata) yang mengangkat tema "Mengejar Kualitas atau Kuantitas Wisman" memunculkan berbagai pendapat diantara empat poembicara yang hadir. Sebagian pembicara menganggap kualitas dan kuantitas sama penting, sebagian lagi lebih menitikberatkan pada kualitas. 

Baik faktor kualitas maupun kuantitas wisman yang berkunjung ke Indonesia dianggap sama penting bagi pelaku industri, kata General Manager Pacto Tour Holiday Bali, Rika Larasati. 

“Jadi tidak dapat dipisahkan kualitas dan kuantitas, hanya tinggal bagaimana pemerintah mengarahkannya dengan benar,” kata Rika. Menurut dia, saat ini Indonesia memerlukan kunjungan wisman yang lebih banyak dari sisi kuantitas untuk kemudian mengarahkannya ke kualitas wisman. Oleh sebab itu, kata dia, keduanya baik faktor kualitas maupun kuantitas wisman harus berjalan seimbang. “Kalau kita bicara mengenai pariwisata, tidak bisa spesifik ke market tertentu,” katanya. Ia mencontohkan, Bali, Lombok, atau Yogyakarta tidak bisa ditawarkan terus-menerus kepada wisman karena infrastruktur yang mulai terbatas dan padat.

“Kalau kita jejalkan lagi dengan parameter kualitas sangat tidak elok, alangkah baiknya mulai disaring, karena kapasitasnya terbatas,” katanya. Dari situlah kemudian, pelaku industri mulai menawarkan paket-paket baru di luar destinasi yang sudah populer kepada segmen wisman yang lebih tinggi dari sisi kualitas belanjanya.

Jadi harus fokus bagaimana membuat kualitas yang lebih baik hingga membuat spending wisatawan lebih besar. Oleh sebab itu, ia berpendapat target kunjungan wisman harus seimbang baik kuantitas maupun kualitasnya.

Senada dengan Rika, Deputi Bidang Pengembangan Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, I Gde Pitana, menegaskan target kualitas dan kuantitas wisman menempati prioritas yang sama sehingga tidak perlu untuk didikotomikan.

“Kedua-duanya penting. Dan antara kuantitas dan kualias (wisman) jangan didikotomikan,” katanya. Ia juga mengatakan, kualitas wisman misalnya, dapat diukur dari berbagai indikator diantaranya dari sisi dampak pariwisata terhadap kesejahteraan, penurunan tingkat pengangguran, gini ratio atau tingkat kesenjangan, tingkat belanja wisman, hingga lama tinggal wisman.

Saat ini, beberapa fakta menunjukkan di sejumlah daerah tujuan wisata, misalnya, Bali terbukti tingkat kesejahteraan masyarakatnya lebih tinggi. Pitana berkesimpulan, di daerah tujuan wisata juga budaya dan tradisi justru terjaga dengan baik. Namun, Ia tidak menampik masih ada kebocoran sektor pariwisata hingga mencapai 40 persen dan Pitana sekaligus mempertanyakan sektor-sektor lain yang juga mengalami kebocoran serupa bahkan lebih tinggi.

“Kebocoran pariwisata sampai 40 persen karena banyaknya maskapai, travel, restoran, dan lain-lain milik asing yang eksis. Tapi sektor mana yang tidak bocor?” ujarnya. 

Kembangkan Konsep Bisnis Traveller Jika Tidak Ingin Terjebak Target jangka Pendek

Sementara dua pembicara lain mengungkapkan pendapat yang berbeda dalam mini diskusi forwapar. Suroto menilaipengembangan pariwisata masih terjebak pada target-target jangka pendek dan belum mengoptimalkan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) yang terlibat di dalamnya.

“Dari sisi ekonomi, pemerintah sekarang ini terutama di sektor pariwisata lebih banyak terjebak pada suatu target-target jangka pendek. Mengapa begitu, karena semata-mata mengejar asumsi devisa yang harus segera bisa menutupi fiskal yang jeblok,” kata Suroto.

Ia tidak menampik bahwa tujuan pariwisata adalah untuk mendatangkan devisa yang lebih besar tetapi strategi jangka panjang juga harus dikedepankan.

Pengamat ekonomi mikro itu juga mencontohkan Bali yang terus-menerus dieksploitasi untuk tujuan wisata berbasis massal terancam terganggu kualitas lingkungannya. Sehingga Suroto justru lebih menekankan pada pentingnya pengembangan SDM termasuk pembangunan pariwisata yang berbasis budaya sehingga mampu memberikan dampak sosial dan politik yang lebih luas kepada masyarakat.

“Jadi seharusnya membangun pariwisata harus bicara soal konten dan kualitas, hal itu harus terperhatikan. Misalnya orang-orang di Bali yang menjadi pekerja rendah di sektor pariwisata. Ini realitas yang tidak bisa disagkal. Jadi yang juga harus dibangun manusianya,” katanya.

Untuk mengejar kualitas wisman, Christina sebagai pembicara dari kalangan akademisi berpendapat, Indonesia susdah seharusnya mengembangkan konsep Bisnis Traveller dan Leisure alias "Bleisure". “Sekarang sedang berkembang bisnis dan leisure traveller. Kalau hal itu bisa dimaksimalkan akan sangat lebih baik,” katanya. Menurutnya juga, pola pikir yang kini masih berkembang di Indonesia adalah pariwisata yang sekadar terbatas pada leisure atau pelesir semata.

Hal itulah  yang membuat strategi pariwisata dikembangkan masih terbatas untuk segmen leisure saja. Padahal untuk segmen bisnis traveller, ada karakteristik yang berbeda, jadi ia menyarankan agar Indonesia mulai menggarap segmen bisnis traveller tersebut melalui strategi jitu.

Ia mengatakan, segmen bisnis traveller umumnya mencari fasilitas dan dukungan sumber daya manusia (SDM) yang memadai untuk pelayanan. “Saat ini yang terjadi fokus ke leisure tapi kerap lupa dengan infrastruktur dan pengembangan SDM-nya,” katanya.

Christina mengatakan, untuk mengarah kepada konsep bleisure segmen yang tepat adalah wisata MICE (Meeting Incentive Conference and Exhibition) potensial untuk digarap karena mudah memprediksikannya. “Setiap tahunnya mayoritas event bisa diprediksi,” katanya. Indonesia memiliki 16 destinasi yang difokuskan pemerintah untuk destinasi wisata  MICE, tapi sayangnya ternyata sampai saat ini mayoritas masih terkonsentrasi di Jakarta dan Bali sebab kedua kota tersebut yang dianggap paling siap dari sisi aksesibilitas dan fasilitas.

Editor  : Murdiyatno

 

 



Tgl 31 Aug 2017

Pernahkah Anda mengalami ejakulasi dini? Pada saat seperti itu, terkadang pasangan suami dan istri ingin meningkatkan durasi hubungan seksual. Dengan kata lain, pasutri memiliki hasrat untuk berhubungan seks dengan durasi lebih lama. Lalu, apakah Anda benar-benar mengalami ejakulasi dini?

Tgl 29 Aug 2017

Rumah modifikasi tuner ternama, Manhart Perfomance sudah merilis paket modifikasi untuk BMW M5. Konsep ubahan yang ditawarkannya sudah dibuat dalam bentuk visual. Bila diperhatikan, konsep modifikasinya cukup sederhana, tak banyak yang berudah dari bentuk pabrikan standarnya.

Tgl 29 Aug 2017

Terkadang, dalam mengenai hal seksual, keinginan antara wanita dan pria memang sangat berbeda. Faktanya, wanita lebih menginginkan seks lebih banyak dibandingkan para pria.

Tgl 29 Aug 2017

Kota Manado sudah dikenal baik di kalangan wisatawan, baik turis lokal maupun Internasional. Wisata alamnya yang cantik, membuat kawasan di Sulawesi Utara ini banyak dijadikan destinasi utama liburan. Sebut saja Taman Laut Bunaken yang menjadi primadona para wisatawan asing dan lokal.

Tgl 28 Aug 2017

Pebalap Ducati Corse, Andrea Dovizioso tampil secara mengejutkan sebagai pemenang di GP Silverstone, Inggris, Minggu (27/8/2017). Pada jalannya balapan, Valentino Rossi langsung merangsek ke posisi terdepan menggeser Marc Marquez dari Repsol Honda yang pole position pada sesi kualifikasi sehari sebelumnya.

Tgl 28 Aug 2017

Melalui Kementrian Perindustrian, skema pajak baru untuk mobil sedan akan direvisi ulang, hal ini dikarenakan agar penjualan jenis sedan dapat meningkat.

Tgl 28 Aug 2017

Situs pencari konten terbesar, Google memberikan peringatan keras dan menonaktifkan iklan pada video di YouTube yang menurutnya diluar batas, termasuk konten yang mengandung sara.

 

Tgl 28 Aug 2017

Sebagian besar kalangan masyarakat, hampir menggemari dan mengonsumsi kopi. Biasanya kopi diminum pada pagi hari sebelum beraktivitas. Minuman ini juga dapat diandalkan oleh sejumlah orang untuk menghilangkan rasa kantuk untuk menambah asupan energi.

Tgl 26 Aug 2017

Perjalanan menggunakan kapal pesiar, memang tengah menjadi sorotan menarik bagi wisatawan Indonesia. Segala amenitas dan fasiitas mudah untuk mengunjungi dunia, merupakan salah satu ulasan terbesar beberapa kalangan yang menyukai perjalanan menggunakan kapal pesiar.

Tgl 26 Aug 2017

Mobil otonom, nantinya memang digadang-gadang sebagai transportasi masa depan yang dapat membantu kehidupan manusia jauh lebih mudah. Sebelum lebih jauh membawa mobil tanpa sopir, atau berteknologi otonom ke public, Apple terlebih dahulu akan mengujinya dengan melibatkan sejumlah karyawan.

Tgl 26 Aug 2017

Selain dapat bermanfaat bagi kesehatan, kegiatan bersepeda juga memiliki segudang manfaat bagi tubuh loh. Apa saja?

Tgl 25 Aug 2017

Mungkin, pada saat ini Robot buatan manusia masih sangat terbatas agar lebih berguna untuk lingkungan sekitar. Namun, seorang pengembang asal Jepang, Kentaro Yoshifuji berhasrat membuat robot lebih fleksibel dan mampu membantu segala aktivitas manusia jauh lebih mudah dan praktis.

Tgl 25 Aug 2017

Sesaat sebelum bercinta, momen pemanasan atau biasa disebut foreplay, sangat dibutuhkan agar kepuasan seksual yang diinginkan dapat tercapai.

Tgl 24 Aug 2017

Produsen mobil besar asal Jerman, Audi mengumumkan perubahan structural penamaan kode yang ada dibelakang mobil. Penamaan tersebut akan berkalu pada tipe Audi terbaru. Bila sebelumnya hanya tertera tipe dan kondisi mesin saja, kini mengalami perubahan.

Tgl 24 Aug 2017

Pare merupakan jenis sayuran yang menyehatkan, meskipun rasanya terbilang pahit, namun pare memiliki khasiat yang bagus bagi kesehatan tubuh Anda.

Tgl 24 Aug 2017

Ajang olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2017 berlangsung di Malaysia, 19-30 Agustus 2017. Pembukaan ajang olahraga dua tahunan ini berlangsung meriah di Stadion Nasional Bukit Jalil pada Sabtu 19 Agustus lalu.

Tgl 24 Aug 2017

Sebagai sebuah mesin pencari nomor satu di dunia, Google dinobatkan sebagai laman yang paling dikunjungi di seluruh dunia, diikuti dengan Youtybe dan juga media sosial terbesar saat ini, Facebook.

Tgl 24 Aug 2017

Mungkin Anda pernah merasakan berada di mobil saat cuaca panas, namun suhu mobil Anda tak sejuk? Pasti perjalanan tak akan nyaman dan sangat membuat pusing bukan?

Tgl 23 Aug 2017

Mungkin, pepatah jiwa mudah adalah jiwa yang bergairah. Mereka yang sudah memiliki pasangan, ingin rasanya selalu bersama dengan pasangannya. Memadu kasih, menjalin cinta mungkin hal itulah pantas digambarkan dari seorang pasangan di mabuk asmara.  Apalagi pada mereka yang memilih untuk menikah muda.

Tgl 23 Aug 2017

Istanbul di Turki, merupakan salah satu kota yang paling ikonik, dam selalu menarik jutaan wisatawan untuk mengunjunginya. Blue Mosque atau Masjid Biru terkenal dengan kemegahan eksterior dan interiornya.